Jenis Investasi Modal Kecil yang Cocok Buat Pemula


Menjadi pedagang saham, deposito, dan reksa dana adalah salah satu cara yang mudah untuk memulai investasi karena memiliki modal yang sedikit. Tidak perlu punya uang banyak untuk mulai berinvestasi. Namun, ada beberapa jenis instrumen yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan investasi modal kecil tersebut.

Dengan mempelajari instrumen investasi yang cocok dengan modal yang dimiliki, tentu akan memudahkan Anda dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Walaupun penghasilan rutinan Anda tidak banyak, dengan investasi, Anda bisa menjamin masa depan dengan hasil investasi tersebut. Selengkapnya di bawah ini!

Investasi reksa dana

Investasi reksa dana adalah investasi jangka panjang atau berjangka, yang memiliki struktur yang kompleks dan menggunakan modal besar. Dalam artian ini reksa dana merupakan akun investasi yang memiliki waktu pencairan paling lama 5 tahun sekali, dengan tujuan utama untuk menghasilkan hasil investasi di atas 3% per tahun dan perusahaan reksa dana sendiri tidak melakukan transaksi apapun kecuali melakukan penyampaian dividen setelah proses distribusi dilakukan. Sekiranya anda masih tergolong pemula maka sangat disarankannya untuk mulai mencoba investasi reksa dana ini dengan modal kurang dari Rp 25 juta.

Investasi saham

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi yang bisa dibilang amat cocok untuk anda yang ingin menjalankan suatu bisnis, tanpa harus memiliki modal besar. Investasi saham lebih mudah dan cepat karena selain dapat diperoleh dengan harga rendah juga dapat langsung didistribusi kepada investor yang telah mengikuti perkembangan pasar secara luas.

Selain itu, investasi saham juga tidak begitu berisiko karena risikonya hanya terbatas pada total nilai ekuitas perusahaan yang dimiliki investor maupun berapa nilai pasar sahamnya. Selain itu, investor tidak perlu membayar biaya transaksi tambahan untuk melakukan transaksi antara pembelian dan penjualan sahamnya.

Bisnis Modal Kecil

Anda pun dapat berinvestasi ke bisnis yang tidak memerlukan modal besar. Namun, bisnis tersebut harus tidak memerlukan keterampilan tertentu. Selain itu, bisnis yang bisa disalurkan investasinya hanya membutuhkan waktu beberapa jam setiap hari saja untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan yang lumayan besar.

Salah satunya adalah bisnis jual pulsa atau warung internet. Anda dapat berinvestasi pada pemilik bisnis tersebut dan mendapatkan hasil yang diinginkan berdasarkan penghasilan dari usaha yang dijalankan.

Investasi deposito

Deposito adalah investasi yang mudah, tidak memerlukan modal besar. Deposito juga bisa dibilang investasi yang aman karena rentannya relatif kecil dan tidak banyak mengubah nilai deposito.

Selain itu, deposito juga dikenal sebagai salah satu bentuk investasi yang paling populer di Indonesia. Karena itu, baik Anda pemula dalam dunia trading maupun trader profesional, memilih deposito adalah salah satu alternatif terbaik untuk menambah portofolio kerja Anda.

Jika Anda ingin memulai investasi dengan modal kecil, ada banyak cara yang cocok. Dengan modal yang tidak begitu besar, Anda pun bisa memiliki beberapa jenis investasi pilihan yang menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan Anda. 

Selain itu, Anda pun dapat berinvestasi dengan metode peer to peer lending, yakni memberikan modal kepada individu atau bisnis dan mendapatkan bunga sebagai pendapatannya. Meski peer to peer lending di Indonesia masih jarang dikenal, tetapi dengan mempelajarinya, tentu Anda pun bisa lebih menambah wawasan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi seseorang yang ingin berinvestasi tapi masih belum tahu di mana arahnya, dan selamat berkembang!

Posting Komentar

0 Komentar