5 Kiat Merawat Komponen AC agar Tahan Lebih Lama

5 Kiat Merawat Komponen AC agar Tahan Lebih Lama

Ruangan di rumah atau kantor Anda terasa panas padahal baru ganti mesin pendingin, kenapa ya? Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa AC ruangan menjadi lebih mudah rusak atau tidak bisa mendinginkan suhu lebih cepat. Ternyata salah perawatan komponen AC bisa membuat AC menjadi tidak cepat dingin, apalagi penggunaan yang sudah lama. Ada baiknya Anda rajin mengganti spare part AC yang rusak agar kemampuan mesin pendingin tetap optimal selama pemakaian bertahun-tahun.

Merawat komponen AC ruangan

Supaya AC ruangan yang baru Anda beli bisa lebih awet digunakan bertahun-tahun, sebaiknya simak cara merawat komponen AC ruangan dengan baik berikut :

1. Menggunakan timer secara rutin

Hal ini berlaku untuk Anda yang acap lupa tengah menyalakan AC atau perlu bepergian dalam waktu tertentu. Anda bisa menyalakan timer dalam waktu tertentu agar mesin AC bisa tetap istirahat, alih-alih menyala sepanjang hari. Masa pakai AC ruangan maksimal lima jam dan biarkan mesin beristirahat agar bisa menghasilkan dingin yang lebih lama.

2. Rajin membersihkan filter AC

Selain aktif mengatur suhu AC diatas 22 derajat celsius, Anda juga harus rajin membersihkan filter AC secara rutin setidaknya 1-2 kali sebulan. Kotoran yang terlalu menumpuk pada filter AC bisa membuat udara yang dihasilkan lebih dingin. Bila filter AC sudah usang dan rusak, sebaiknya Anda mengganti spare part AC agar kinerja filter bisa maksimal.

3. Rajin bersihkan kondensor AC

Bagian kumparan kondensor bisa menjadi tempat penumpukan debu sehingga panas yang dihasilkan AC tidak bisa menghantarkan suhu dingin lebih optimal. Anda harus rajin membersihkan bagian kumparan ini, termasuk mengganti kondensor yang mungkin mulai rusak. Kondensor rusak bisa membuat AC Anda mengalami overheat atau korsleting bila kelebihan beban.

4. Periksa bagian thermostat dan kipas

Jangan lupa untuk mengecek bagian thermostat agar temperatur suhu dalam ruangan Anda tetap stabil. Temperatur lebih tinggi bisa Anda pilih bila ada banyak orang di rumah, Anda bisa menggunakan suhu lebih rendah bila tidak ada orang lain, termasuk mematikan AC bila tidak dipakai ya!

Selain rajin membersihkan dan mengecek kondensor, Anda harus memeriksa bagian kipas yang bisa berputar stabil. Bila ada kipas yang retak atau rusak, segera lakukan penggantian komponen agar tidak mengurangi kinerja AC ruangan Anda. 

5. Melakukan servis secara berkala

Servis berkala perlu Anda lakukan untuk mengetahui komponen dalam AC bekerja sesuai fungsinya. Bila AC mati atau tidak menyala, bisa saja penyebab kondisi tersebut adalah freon yang mengalami kebocoran. Servis yang rutin bisa membantu Anda mendeteksi masalah agar tidak terjadi risiko konsleting atau komponen overheat. 

Ada baiknya Anda melakukan servis AC pada tukang AC berpengalaman maksimal tiga bulan sekali, ya! Jangan menunggu AC tiba-tiba mati atau tidak bisa mengantarkan suhu dingin, baru Anda menghubungi tukang AC untuk melakukan perbaikan. Biaya perbaikan AC yang rusak parah bisa lebih mahal dibandingkan dengan beli produk baru, lho!

Kini Anda yang ingin mengganti komponen AC yang alami kerusakan dengan spare part AC yang berkualitas. Pilih suku cadang orisinal yang menjamin komponen AC Anda bisa bekerja lebih optimal setelah penggantian produk baru. Anda bisa memilih spare part berkualitas dari Daikin yang memiliki kelebihan bisa menghemat energi lebih ekstra, menghasilkan suhu sejuk lebih cepat, lebih tahan lama, dan harga yang lebih terjangkau. Yuk, segera ganti komponen AC yang rusak dengan suku cadang asli yang bisa Anda dapatkan di toko online resmi terpercaya!


0 komentar:

Posting Komentar