Muslim Wajib Tahu! Berikut Pengertian dan Cara Membersihkan Macam Macam Hadas

Muslim Wajib Tahu! Berikut Pengertian dan Cara Membersihkan Macam Macam Hadas

Menjaga kebersihan diri dari hadas adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Hal tersebut berpengaruh langsung terhadap keabsahan mereka saat beribadah. Orang yang tidak suci dari hadas tidak diperbolehkan melakukan berbagai kegiatan keagamaan contohnya sholat. Berikut ulasan tentang definisi macam macam hadas dan cara membersihkannya. 

Definisi dan Jenis Jenis Hadas

Mungkin anda selama ini sudah sering mendengar istilah hadas, namun belum tahu bagaimana persisnya definisi dari kata tersebut. Pada intinya, hadas merupakan sebuah keadaan yang tidak dipandang suci dalam Islam dan menghalangi syarat sahnya suatu ibadah. Kondisi ini menyebabkan sholat, tawaf, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya tidak diterima oleh Allah.

Hadas terbagi menjadi dua jenis, yaitu kecil dan besar. Hadas kecil merupakan sebuah kondisi tubuh yang tidak suci akibat buang air kecil, buang air besar, kentut, dan mengeluarkan mazi dan wadi. Orang yang mengalaminya dapat mensucikan diri dengan membersihkan bagian tubuh yang berhadas dan dilanjutkan dengan berwudhu. 

Selain perkara yang sudah disebutkan tadi, hadas kecil juga dapat terjadi saat seseorang tidur dengan punggung atau pantat yang tidak menempel di alas permukaan, hilang akal, bersentuhan dengan lawan jenis, dan menyentuh kemaluan. Meskipun macam macam hadas tersebut dilakukan dengan tidak sengaja, lebih baik anda  mensucikan diri sebelum beribadah. 

Sedangkan hadas besar memerlukan proses pembersihan yang lebih rumit. Orang yang memilikinya harus membersihkan seluruh tubuhnya dengan mandi besar. Kondisi yang menyebabkan berhadas besar adalah berhubungan badan, haid, nifas, dan mengeluarkan mani dalam keadaan sadar maupun mimpi basah. 

Cara Membersihkan Hadas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membersihkan hadas bisa dilakukan dengan berwudhu dan mandi besar tergantung dengan kondisi yang telah terjadi. Tahukah anda bagaimana cara mandi besar untuk mensucikan diri? Mandi besar atau mandi junub antara laki laki dan perempuan sama saja, namun yang membedakan adalah bacaan niatnya saja.

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah membaca niat. Kemudian membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Jika sudah, selanjutnya membersihkan kemaluan dengan tangan kiri kemudian berwudhu. Setelah itu, untuk membersihkan macam macam hadas yang melekat, anda perlu mencuci kepala sambil menggosok sela rambut sebanyak tiga kali.

Saat rambut dan kepala sudah bersih, anda bisa menggosok seluruh bagian tubuh mulai dari sebelah kanan. Pastikan air mengguyur hingga ujung kaki dan seka tubuh hingga tidak ada kotoran yang menempel. Jangan lupa juga untuk membersihkan daerah lipatan seperti sela sela kaki dan kemaluan. 

Apabila hadas yang melekat hanyalah hadas kecil, anda hanya perlu berwudhu sebagaimana tata cara wudhu saat hendak melakukan sholat. Dimulai dengan membaca basmalah, berkumur, mencuci hidung, membasuh muka dan membaca niat, membasuh tangan hingga siku, membasuh kepala dan rambut, membersihkan telinga, dan membasuh kaki.

Setiap gerakan wudhu yang telah disebutkan tadi perlu dilakukan sebanyak tiga kali dan didahului dengan membasuh anggota tubuh sebelah kanan terlebih sesuai dengan urutanya. Setelah semuanya selesai, kegiatan tersebut ditutup dengan doa sehabis wudhu. Walaupun tidak bisa membersihkan bermacam macam hadas, setidaknya hadas kecil dapat teratasi.  

Informasi tentang definisi dan tata cara membersihkan hadas yang telah dibahas sebelumnya semoga dapat menambah pengetahuan. Sekedar tips, meskipun anda merasa tidak memiliki hadas kecil, lebih baik sebelum sholat selalu berwudu terlebih dahulu agar lebih yakin dan bersih. Dengan begitu, ibadah menjadi lebih nyaman dan tenang.  


0 komentar:

Posting Komentar