Tips Ampuh Membersihkan AC Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Ampuh Membersihkan AC Agar Awet Dan Tahan Lama

Membersihkan AC sangat penting untuk dilakukan. Selain menjaga fungsi dan kerja mesin tetap optimal, membersihkan ini dapat menjaga kualitas udara agar tetap segar dan sehat. Anda bahkan bisa menggunakan jasa service AC BSD ketika membutuhkan bantuan pembersihan alat ini. Informasi lengkapnya, cek ulasan berikut.

Cara Membersihkan AC Dengan Tepat

1. Siapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membersihkan AC, alangkah baiknya jika anda menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Obeng, sikat gigi bekas, kemoceng, lap, air, cairan pembersih hingga penyedot debu (vacuum cleaner) sangat dibutuhkan untuk menjaga mesin agar tetap bersih. Anda bisa menyiapkan masker dan sarung tangan untuk digunakan ketika membersihkan alat ini.

Tentu saja, beberapa alat tersebut harus dilengkapi dan dikumpulkan agar anda tidak kebingungan ketika hendak menggunakannya. Anda bahkan bisa memilih cairan pembersih yang sesuai. Misalnya saja memilih cairan anti korosi. Hal ini karena penggunaan cairan secara sembarangan dapat membuat komponen AC mudah bermasalah.

2. Matikan Aliran Listrik

Mematikan AC dari aliran listrik merupakan tindakan yang tepat sebelum membersihkan peralatan ini. Tentu saja, jasa profesional seperti jasa service AC BSD pasti akan melakukan tindakan ini demi keselamatan pekerja. Keberadaan AC yang sudah terlepas dari aliran listrik membuat anda lebih leluasa untuk membersihkan setiap komponen hingga bagian dalam.

Tak hanya memutuskan AC dari aliran listrik, anda juga perlu menutup saklar menggunakan lakban atau sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari percikan air yang dapat masuk ke dalam komponen tersebut. Lazimnya, percikan air yang masuk ke dalam saklar dapat memicu timbulnya percikan api hingga konsleting.

3. Buka Penutup AC

Peralatan AC memang disediakan dalam bentuk tertutup untuk menghindari masuknya debu dan kotoran secara berlebihan. Untuk itu, anda perlu membuka penutup atau casing AC secara perlahan sebelum membersihkan komponen bagian dalam. Membuka penutup AC dapat dilakukan menggunakan obeng untuk melepaskan baut pada bagian komponen tertentu.

4. Lepas Dan Bersihkan Filter

Sebagaimana yang jasa service AC BSD lakukan, membersihkan AC dapat dilakukan dengan melepas dan membersihkan bagian filter secara bertahap. Hal ini karena filter merupakan komponen utama yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam peralatan ini maupun melepaskan udara ke ruangan.

Untuk membersihkan filter hingga bersih, anda bisa melepas komponen ini secara perlahan. Kemudian, cucilah komponen filter tersebut dengan cara direndam. Anda bahkan bisa memanfaatkan larutan pencuci khusus untuk membunuh virus, bakteri, spora jamur maupun kuman yang sering bersarang di filter.

Gosokkah filter menggunakan sikat gigi bekas secara perlahan untuk membersihkan setiap kotoran yang menempel. Selanjutnya, keringkan filter AC sebelum dipasang kembali dengan cara diangin-anginkan sejenak. Anda dapat memilih tempat yang bersih untuk mencegah berbagai kotoran yang dapat menempel kembali pada komponen ini.

5. Bersihkan Komponen Yang Lainnya

Tak hanya pada bagian filter, membersihkan AC perlu dilakukan dengan membersihkan berbagai area pada peralatan yang satu ini. Beberapa area yang sulit dijangkau perlu diperhatikan agar tidak ada kotoran yang membandel. Anda bahkan bisa meminta jasa cuci AC BSD untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam membersihkan AC agar awet dan tahan lama.

Itulah beberapa ulasan yang perlu anda perhatikan ketika membersihkan setiap komponen AC dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi maupun kinerja AC agar tetap optimal dan tahan lama. Tentu saja, tips ini dapat membantu anda untuk menghasilkan udara yang bersih, segar dan sehat.


0 komentar:

Posting Komentar