Ketahui Beberapa Penyebab NIK Tidak Valid dan Cara Mengatasinya Disini

https://maucash.id/penyebab-nik-dan-kk-tidak-valid-terdaftar-begini-cara-mengatasinya

Nomor induk kependudukan (NIK) memiliki peran penting dalam setiap administrasi pemerintahan yang dilakukan oleh seseorang. Jadi ketika NIK tidak valid akan menimbulkan rasa cemas dan pertanyaan kenapa NIK tidak valid atau terdaftar. Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab NIK tidak valid dan cara mengatasinya.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan NIK Tidak Valid 

Penyebab pertama yang sering terjadi pada kasus NIK tidak valid adalah kesalahan pada sistem. Bisa saja Dukcapil yaitu badan yang mengurusi masalah NIK dan KK salah dalam proses pencatatan NIK, sehingga NIK anda tidak valid atau tidak terdaftar. Masalah sistem lain juga bisa terjadi pada database yang dimiliki oleh kementrian dalam negeri.

Penyebab selanjutnya yaitu salah input nomor NIK. Meskipun terlihat sepele, salah dalam memasukkan NIK menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi mengapa NIK tidak valid saat dicek. Nomor NIK yang panjang seringkali membuat orang melewatkan satu angka atau kelebihan satu angka dalam mengetik, oleh karena itu pastikan lagi NIK yang akan anda masukkan sudah benar sebelum dicek.

Penyebab NIK tidak valid atau tidak terdaftar yang terakhir bisa saja karena kekeliruan saat pertama kali mengurus berkas pembuatan KTP elektronik di kantor Dukcapil. Jadi untuk langkah awal anda bisa mengecek status NIK dan nomor KK. Pastikan NIK yang terdaftar di KTP anda sama dengan yang terdaftar di KK. Apabila memang sama, berikut cara yang dapat anda tempuh untuk mengatasi NIK yang tidak valid.

Cara Untuk Mengatasi NIK Tidak Valid

Untuk mengatasi masalah NIK tidak valid karena kesalahan sistem, anda bisa melakukan pelaporan ke kantor Dukcapil atau kelurahan setempat dimana tempat anda membuat NIK atau KK. Ketika hendak melakukan pelaporan harap siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti KK, KTP, akta kelahiran dan berkas lainnya.

Saat mengunjungi kantor Dukcapil untuk mengurus penyebab NIK tidak valid karena sistem bawa fotocopy berkas dan berkas asli yang sudah disiapkan di atas, kartu keluarga, KTP dan akta kelahiran. Sesampainya di kantor Dukcapil anda akan diarahkan oleh petugas yang sedang bertugas pada hari itu. Mulai dari keluhan yang anda alami hingga penyelesaian masalahnya.

Selain melakukan pengurusan offline dengan mendatangi kantor Dukcapil atau kelurahan setempat, anda juga bisa melakukan pelaporan secara online dengan menghubungi nomor layanan yang telah disediakan. Anda bisa menghubungi melalui layanan panggilan, whatsapp, sms, Twitter dan email. 

Untuk melapor penyebab NIK tidak valid melalui call center, anda bisa menghubungi kantor Dukcapil di  nomor 1500537 atau melalui sms dan aplikasi whatsapp ke nomor 08118005373. Melapor melalui email di alamat [email protected], melapor melalui media sosial facebook di akun resmi Dukcapil Halo Dukcapil dan melalui twitter di akun twitter resmi @ccdukcapil.

Anda bisa melakukan pelaporan menyangkut masalah NIK tidak valid melalui direct message dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Pastikan untuk menyampaikan keluhan yang anda alami sejelas mungkin. Tujuan diciptakan pelaporan online ini adalah untuk mengurangi antrian dan kerumunan di kantor Dukcapil pada kondisi seperti sekarang ini.

Itu dia beberapa hal yang dapat menyebabkan NIK anda tidak valid atau tidak terdaftar di Dukcapil dan cara mengatasinya. Jika hal ini terjadi pada anda pastikan anda tetap tenang dan memeriksa kembali apakah memang masalahnya ada pada sistem atau anda yang salah memasukkan nomornya sebelum melakukan pelaporan ke kantor Dukcapil.

0 komentar:

Posting Komentar