4 Metode Penyaringan Air yang Umum Dilakukan

4 Metode Penyaringan Air yang Umum Dilakukan

Saat ini, kelangkaan air telah terjadi pada banyak sekali tempat, termasuk juga pada beberapa daerah di Indonesia. Hal ini membuat pasokan air bersih juga semakin berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut biasa bisa memakai alat penjernih air yang bisa anda beli di pasaran atau juga jasa filter air Balikpapan. Selain itu, anda juga bisa melakukan penyaringan air sendiri. Simak metodenya disini!
 

4 Metode Penjernihan Air yang Umum Sekali Dilakukan Orang-Orang

1. Memakai Pemutih

Pemutihan pada air seringkali dilakukan untuk membuat kondisi air yang pada awalnya keruh dapat menjadi jernih. Dikutip pada laman Wikipedia jika setidaknya anda membutuhkan bahan bubuk pemutih sekitar kurang lebih 2,3 gram untuk dapat menjernihkan 1000 liter air yang di rumah anda.

Pemakain pemutih ini bisa anda terapkan pada air yang tidak mempunya kadar kontaminasi yang tinggi dan juga kekeruhannya tidak begitu parah. Bahan pemutih yang biasanya sering digunakan adalah tawas. Tawas ini bisa anda pakai untuk menjernihkan air dari sungai yang memang menjadi sumber utama air rumah anda.

2. Memakai Bahan Kimia

Tidak hanya bisa menggunakan filter air yang bisa and adapt dari jasa filter air Balikpapan ataupun juga jasa-jasa lainnya, anda juga bisa melakukan metode yang satu ini untuk menjernihkan air di dalam sumur atau tangki yang besar. Metode tersebut adalah disinfeksi kimia terhadap air-air yang ada.

Terdapat banyak sekali bahan kimia yang bisa anda pakai untuk membuat air di rumah anda jernih yaitu klor, ozon, kuprisulfat, dan juga kaporit. Akan tetapi, yang paling dikenal dari semua bahan tersebut adalah kaporit atau dalam bahasa kimianya adalah Ca(OCI)2. Bukan hanya dipakai pada rumah-rumah saja, melainkan juga banyak dipakai pada PDAM.

3. Tablet Klorin

Metode menjernihkan air yang ketiga adalah dengan menggunakan tablet klorin. Tablet klorin ini juga bisa disebut sebagai halazone. Banyak sekali yang memakai metode ini sebagai salah satu cara penyaringan air dari kontaminasi kotoran, virus, bakteri, minyak, da juga zat-zat kimia lainnya. Namun, sayangnya tablet klorin ini cukup mahal dan menghasilkan air yang sedikit berbau.

4. Filtrasi

Filtrasi juga merupakan salah satu metode penjernihan yang umum sekali dilakukan oleh para masyarakat. Filter atau yang juga disebut sebagai alat penyaring adalah sebuah teknologi yang canggih untuk bisa menjernihkan air. Alat ini bisa anda temukan pada penyedia filter air Balikpapan dan juga distributor yang ada lainnya.

Disamping itu, jenis filter air yang bisa anda gunakan untuk penjernihan air adalah filter air UV dan juga keramik. Melalui proses penyaringan dengan filter air tersebut, air yang telah mengalir masuk ke dalam alat saringannya akan bisa terbebas dari bakteri atau zat lain yang sudah terkontaminasi dengan airnya. Hal ini karena adanya katalis yang bisa menahannya.

Berdasarkan ulasan diatas, ada beberapa metode penjernihan air yang kerap sekali dilakukan oleh masyarakat. Hal ini mereka lakukan karena memang air di rumahnya tidak jernih dan juga kotor. Dengan adanya metode-metode tersebut, orang-orang akan lebih termudahkan untuk dapat memperoleh dan juga mengkonsumsi air yang bersih.


0 komentar:

Posting Komentar