Tips Bermain Gitar yang Tepat untuk Pemula yang Ingin jadi Musisi

Tips Bermain Gitar yang Tepat untuk Pemula yang Ingin jadi Musisi

Kemampuan bermain gitar akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Asal konsisten, Anda bisa menguasai banyak sekali teknik dan kunci dengan sempurna. Selain itu, memiliki gitar akustik murah untuk belajar juga bisa meningkatkan kemampuan. Apalagi jika Anda ingin berkarir sebagai seorang musisi. Anda bisa mendapatkan gitar yang bagus di MG. 

Nah, bagaimana cara menggunakan gitar yang benar agar kemampuan bisa meningkat? Apakah harus melakukan latihan sampai berjam-jam setiap hari? Atau ada cara lain yang membuat gitar mudah digunakan? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Mencari Posisi yang Nyaman saat Bermain Gitar

Cari posisi yang nyaman saat bermain gitar. Anda boleh menggunakan tangan kiri atau kanan untuk memegang grip. Namun, pastikan posisi Anda nyaman dan mudah saat membuat kunci sehingga semua nada yang keluar sesuai. Kalau tangan terasa tidak nyaman, coba ganti posisi lain agar tidak mudah lelah.

2. Bermain Perlahan-lahan Saja

Mulai belajar gitar secara perlahan-lahan saja. Jangan terlalu tergesa-gesa karena bisa memperburuk akurasi dan skill. Kuasai beberapa teknik dan kunci. Kalau sudah ahli baru berlanjut ke kunci lain agar kemampuan yang dimiliki benar-benar matang.

3. Coba Bermain saat Duduk dan Berdiri

Main gitar saat duduk dan berdiri sangat berbeda. Untuk itu, coba untuk melakukannya bergantian agar bisa tahu apa saja kekurangan yang dihadapi dan segera temukan penyelesaiannya. Hal ini perlu diperhatikan karena saat latihan Anda akan sering duduk. Sementara saat tampil di depan banyak orang, kemungkinan akan berdiri. Kalau sampai tidak terbiasa, bisa bahaya.

4. Melakukan Silent Rehearsing

Maksud dari silent rehearsing adalah latihan tanpa memetik string gitarnya. Jadi, Anda hanya bermain dengan memposisikan kunci-kunci dengan tepat. Cara ini sangat cocok untuk melatih kecepatan perpindahan kunci dan kelenturan dari jari. Jadi, meski berada di keramaian, Anda masih bisa melakukan latihan tanpa mengganggu orang.

5. Menggunakan Jari yang Tepat untuk Membuat Kunci

Posisi jari saat membuat kunci memang berbeda-beda. Namun, jari yang dipakai harus tepat. Misal ada beberapa titik yang harus ditekan, pakai jari yang memang sesuai dan paling dekat. Dengan melakukan ini, jari tidak akan sakit saat dipakai latihan berjam-jam.

6. Jangan Menghindari Kunci yang Sulit

Salah satu kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan oleh pemula yang baru saja belajar gitar adalah menghindari kunci sulit. Mereka hanya menggunakan kunci-kunci yang memang mudah dipakai saja.

Padahal menguasai kunci yang sulit juga bisa menaikkan kemampuan. Untuk itu, kuasai semua kunci yang dianggap mudah. Selanjutnya, kuasai juga kunci yang sulit. Anda tidak perlu harus sempurna di awal, yang penting harus ada perkembangan.

7. Selalu Disiplin saat Berlatih

Terakhir dan paling penting, selalu disiplin saat belajar bermain gitar. Pasang surut pasti ada, apalagi skill yang dimiliki mentok. Namun, kalau terus berusaha tidak ada yang tidak mungkin.

Belajar gitar memang membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi. Namun, kalau sudah ahli, apa pun bisa dilakukan saat sudah jadi musisi. Misalnya, membuat lagu atau mengcover lagu dengan gitar akustik.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar