SehatQ: Susah Buang Air Besar? Mungkin 7 Makanan Ini Penyebabnya

SehatQ: Susah Buang Air Besar? Mungkin 7 Makanan Ini Penyebabnya

Kurang serat merupakan faktor penyebab konstipasi yang acap dialami semua orang. Perut terasa penuh, kesakitan saat buang air besar, anus berdarah karena keseringan mengejan, dan sederet dampak buruk dari kondisi sembelit. Penting sekali memperhatikan asupan serat yang Anda konsumsi agar BAB menjadi lebih mudah. SehatQ.com menganjurkan Anda membatasi konsumsi makanan yang bisa sebabkan sulit BAB.

Jenis makanan yang bisa menyebabkan sembelit 

Anda mengalami sembelit bila intensitas buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Saluran pencernaan kekurangan serat sehingga menyerap cairan pada feses. Akibatnya feses menjadi kering dan susah dikeluarkan, lho! Kemungkinan makanan yang Anda konsumsi menjadi faktor penyebab kondisi sembelit ini. Apa saja? Simak artikel kesehatan yang merangkum 7 makanan yang bisa menyebabkan sembelit yaitu :

1. Makanan beku

Suka mengkonsumsi makanan olahan yang dibekukan? Mungkin penyebab sembelit yang Anda alami disebabkan oleh konsumsi makanan beku yang berlebihan. Sosis, nugget dan jenis makanan beku yang mengandung pengawet bisa mengganggu saluran pencernaan Anda. Mengkonsumsi sesekali tidak masalah, namun Anda harus membatasi porsi sebaik mungkin.

2. Karbohidrat berlebihan 

Makan nasi setiap hari bisa sebabkan sembelit? Ya, Anda bisa mengalami sembelit jika tidak mengimbangi konsumsi karbohidrat dengan serat. Tak hanya nasi putih saja, jenis makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi seperti roti dan pasta harus dibatasi.

3. Makanan cepat saji

Kebanyakan makanan cepat saji memang tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk saluran pencernaan Anda. Kurangi konsumsi makanan cepat saji sebab mengandung lemak jenuh dan minim serat.

4. Makanan tinggi gula 

Makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan Anda mengalami sembelit, lho! Kandungan gula buatan bisa memperparah kondisi sembelit sehingga pilih menu yang bisa menjadi pengganti manis tersebut. 

Sebaiknya Anda mengganti menu yang mengandung gula buatan dengan buah-buahan. Rasa manis alami pada buah bisa memenuhi kebutuhan sekaligus memenuhi kebutuhan serat tubuh. 

5. Produk olahan susu 

Ternyata mengkonsumsi produk olahan susu seperti keju atau krim bisa menyebabkan konstipasi. Hal ini berlaku apabila Anda mengkonsumsi dalam jumlah melebihi takaran, ya! Apalagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, kemungkinan perut akan kembung dan sembelit parah. 

6. Daging merah 

Mengkonsumsi segala jenis makanan dalam jumlah berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Daging merah atau daging sapi memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan daging unggas sehingga lebih sulit dicerna oleh saluran pencernaan Anda. 

7. Gorengan 

Suka makanan yang digoreng setiap hari? Semua orang pasti suka dengan camilan khas masyarakat Indonesia ini. Namun, Anda harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak super tinggi tersebut. Gorengan bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh naik sekaligus memperparah kondisi sembelit Anda. 

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit, sebaiknya segera melakukan upaya penanganan dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak alami dehidrasi. Temukan lebih banyak artikel kesehatan tentang cara mengatasi sembelit yang kredibel, ya!

Jika sembelit yang Anda alami semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter SehatQ yang terpercaya. Fitur chat dokter gratis bisa memudahkan Anda dalam melakukan konsultasi kesehatan tanpa harus pergi ke klinik langsung. Dokter akan merekomendasikan penanganan atau obat yang bisa melancarkan sembelit Anda. Jika sembelit menjadi indikasi kondisi penyakit tertentu, segera lakukan booking jadwal pemeriksaan ke dokter terkait. Pemesanan online bisa memudahkan Anda yang tidak ingin mengantri terlalu lama, bukan?
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar